Status Tomat


Hai readers...
Apakabar...
Selamat Menunaikan ibadah puasa, bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa
Nah, kebanyakan ketika bulan puasa tiba hobi memasak membumbung tinggi, entah karena apa. Sebelum memasak pasti terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak. Baik sayur mayur, buah-buahan, bumbu, dan lain sebagainya.
Sempat terbesit di pikiran, aa sih perbedaan buah dengan sayur? Lalu, tomat itu termasuk buah atau sayur ya? Dan pertanyaan ini sempat saya utarakan ke guru biologi di sekolah. Waktu itu saya duduk di kelas 12 IPA 2. Ini pertanyaa macam apa pula...hehehe kata hati yang berbarengan ketika lisan mengucap "bu, tomat itu buah atau sayur?" sembari mengacungkan tangan. Mungkin waktu itu saya jadi korban iklan salah satu produk susu kali ya hehehe.... Jika kamu masih penasaran dengan 'status' si tomat, baca tulisan di bawah ini.
Sayur, merupakan hasil penjelmaan akar, batang, bunga, dan daun yang bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. 'Penjelmaan' maksudnya apa ini...seperti cerita sineteron saja hahahaha.... Saya menyebut penjelmaan, agar pembaca bisa memahami dengan mudah. Kalau memakai bahasa biologi bisa jadi ribet lagi hehehe.... Iya 'penjelmaan'. Contoh sayur dari penjelmaan akar ialah kentang, ketela, dan lain sebagainya. Contoh sayur dari penjelmaan batang ialah rebung, tebu, dan lain sebagainya. Contoh sayur dari penjelmaan bunga ialah bunga kol, bunga turi, dan lain sebaginya. Contoh sayur dari penjelmaan daun ialah bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Kamu bisa menambahkannya sendiri.
Lalu bagaimana dengan buah?
Buah berasal dari hasil penyerbuka benang sari ke kepala putik. Nah, dari sini kamu bisa membedakan mana buah dan mana sayur. Contoh buah adalah semangka, anggur, kelapa, dan termasuk tomat. Ketemu juga'status' tomat hahahaha. Jadi, jangan salah sebut 'status' lagi yaaak entar si tomat bisa marah-marah ahahahahaha.
Jadi, kesimpulanya gini readers...bila berasal dari hasil penyerbukan benang sari ke kepala putik itudi sebut buah sedangkan sayur adalah penjelmaan dari bagian-bagian tumbuban. Sebenarnya apa sih 'penjelmaan' itu? Penjelmaan yang saya maksudkan adalah derivat. Bila penyimpanan sumber makanan tumbuhan terkonsentrasi di daun maka, tumbuban tersebut bisa dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Begitu pula dengan bagian-bagian tumbuhan yang lainnya seperti batang, bunga, dan akar. Kalau buah, dia adalah 'hasil' penyerbukan. Jika di ibaratkan manusia buah adalah anak hehehe...beda jauh dengan sayur yang bukan merupakan 'hasil' melainkan 'penjelmaan.'Sudah fahamkan....


Salam
Blitar, 17 Mei 2018

Comments